Jan 8, 2011

Perbedaan Antara Ikan Paus dan Ikan Hiu



Terkadang sampai saat ini tidak bisa dipungkiri memang kta masih suka bingung antara membedakan ikan paus dengan ikan hiu.
Keduanya sama-sama 'predator' dalam air yang sangat membahayakan.
Namun tahukah Anda ada banyak sekali perbedaan yang membedakan mereka?
Berikut adalah perbedaan antara ikan paus dan ikan hiu :


Ikan Paus
Paus adalah sejenis mamalia yang hidup di lautan. Meskipun dalam bahasa Indonesia paus sering disebut "ikan paus", paus sebenarnya bukanlah tergolong dalam keluarga ikan.
Seperti hewan mamalia yang lain ikan paus mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
-bernafas melalui paru-paru
-mempunyai bulu (sedikit, hampir tidak ada bagi paus dewasa)
-berdarah panas
-mempunyai kelenjar susu
-mempunyai jantung empat bilik
-mempunyai gigi yang tajam dan berderet rapi..

Ikan paus purba berevolusi pada pertengahan tempo Eocene, kira-kira 50 juta tahun yang lalu. Salah satu paus terawal yang telah punah adalah Basilosaurus yang mempunyai kepala kecil bermoncong menonjol dan bergigi. Basilosaurus mempunyai panjang 25 meter.

Fosil menunjukkan bahwa paus berasal dari hewan daratan berkuku, mungkin dari hewan seperti Mesonychid (hewan seperti serigala yang tinggal di pesisir pantai) yang berangsur-angsur kembali tinggal di laut sekitar 50 juta tahun yang lalu. Satu lagi kemungkinan hewan lain yang berubah menjadi paus, adalah Ambulocetus, mamalia berukuran anjing laut, sepanjang 3 meter seberat 325 kilogram.

Pada saat kini, terdapat dua jenis paus, yaitu ikan paus Odontoceti paus bergigi, dan ikan paus Baleen, Mysticeti. Ikan paus Odontoceti yang bergigi merupakan pemangsa yang memakan ikan, sotong, dan mamalia laut, mempunyai satu lubang pernafasan. Ikan paus balin berukuran lebih besar daripada ikan paus bergigi dan mempunyai struktur yang dikenal sebagai balin yang berbentuk sikat. Struktur ini berguna untuk menyaring plankton di air. Ikan Paus Balin mempunyai dua lubang pernafasan.

Ikan Hiu
Hiu atau cucut adalah sekelompok (superordo Selachimorpha), ikan dengan kerangka tulang rawan yang lengkap dan tubuh yang ramping.
Ikan hiu mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
-bernapas dengan menggunakan lima liang insang (kadang-kadang enam atau tujuh, tergantung pada spesiesnya) di samping, atau dimulai sedikit di belakang, kepalanya.
-mempunyai tubuh yang dilapisi kulit dermal denticles untuk melindungi kulit mereka dari kerusakan, dari parasit, dan untuk menambah dinamika air.
-mempunyai beberapa deret gigi yang tajam dan tidak rapi serta dapat digantikan.

Hiu umumnya lambat mencapai kedewasaan seksualnya dan menghasilkan sedikit sekali keturunan dibandingkan dengan ikan-ikan lainnya yang dipanen. Ini telah menimbulkan keprihatinan di antara para biologiwan karena meningkatnya usaha yang dilakukan untuk menangkapi ikan hiu selama ini, dan banyak spesies yang kini dianggap terancam punah.

Semoga infonya bermanfaat ya :)

Sumber :
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090323181321AA3iec3

3 comments:

itu sudah dijelaskan dengan lengkap, baca keseluruhan

Mana yang lebih besar dari kedua ikan itu

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More